Sunday, January 15, 2012

Contoh BERITA ACARA PEMERIKSAAN ( TERSANGKA)

KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
DAERAH SUMATERA BARAT
DIREKTORAT RESERSE KRIMINAL
PRO. JUSTITIA.


BERITA ACARA PEMERIKSAAN
( TERSANGKA )

—— Pada hari ini ……….. tanggal .… Agustus 2008 sekira jam 10.00 WIB Saya :
————————————————— : TANJUNG NASITUHANG, S.H. : —————————————–Pangkat Briptu NRP. 69015993, Jabatan Selaku Penyidik Pembantu pada kantor tersebut di atas, berdasarkan Surat Keputusan Sumbar No. Pol : Skep/06/I/2008, tanggal 06 Januari 2008, melakukan pemeriksaan terhadap seorang wanita yang belum saya kenal mengaku bernama :
————————————————————- : EVA MAIDANI : —————————————————
Lahir di Padang tanggal 6 Januari 1980, Umur 28 Tahun, Suku Tanjung, Pekerjaan Ibu Rumah Tangga, Pendidikan terakhir SMP (Tamat), Negeri Asal Padang, Kewarganegaraan Indonesia, Agama Islam, Alamat Jln. Parak Gadang No. 23 Kec. Padang Timur Kota Padang. Dia ( EVA MAIDANI ) diperiksa dan didengar keterangannya sebagai Tersangka dalam perkara Tindak Pidana Pembunuhan secara berencana, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 340 KUHP, sehubungan dengan Laporan Polisi No. Pol. : LP 14/VIII/2008 Poltabes Padang tanggal 14 Agustus 2008.————————————————— Atas pertanyaan yang diajukan Pemeriksa kepada yang diperiksa maka yang diperiksa menjawab dan menerangkan sebagai berikut di bawah ini : —————————————————————————–
PERTANYAAN JAWABAN

1. Bagaimanakah keadaan kesehatan Sdr sekarang ini, bersediakah Sdr diperiksa dan memberikan keterangan yang sebenar-benarnya? ——————————————————————————–
——-1.Ya, Saya sekarang dalam keadaan sehat Jasmani dan Rohani, bersedia diperiksa dan akan keterangan yang sebenar-benarnya. ———————————————————————
1. Mengertikah Sdr sebabnya Sdr ditangkap dan dimintai keterangan oleh Petugas Polisi saat sekarang ini?—————————————————————————————————
——-2.Saya mengerti sebabnya Saya ditangkap Petugas Polisi, sehubung dengan Saya telah melakukan pembunuhan secara berencana. ———————————————————–
1. Sudah pernahkah Sdr dihukum dalam perkara tindak pidana kejahatan atau pelanggaran sebelum perkara ini, jika pernah dalam perkara apa? Jelaskan! ———————————————————-
——-3.Saya belum pernah dihukum dalam perkara tindak pidana ataupun perkara pelanggaran lainnya.————————————————————————————————————
1. Dalam perkara yang dipersangkakan kepada Sdr sekarang ini yang mana diancam hukuman diatas 5 (lima) tahun, untuk itu sesuai dengan Pasal 56 KUHAP diwajibkan kepada Sdr untuk didampingi oleh Penasihat Hukum, apakah saat sekarang ini Sdr ada mempunyai penasihat hukum, Jika ada sebutkan nama dan identitasnya serta dari mana penasihat hukum atau pengacara Sdr tersebut, Jika tidak ada maka penyidik menyediakan Penasihat Hukum atas nama ——————————————————————–untuk mendampingi Sdr, bagaimana selanjutnya? ———————————–4. Pada pemeriksaan sekarang ini Saya sudah didampingi oleh seorang Penasihat Hukum yang bernama REFKI SAPUTRA, S.H, L.LM yang berumur 31 Tahun yang berasal dari LBH Padang.———————————————————————————————————————
1. Ceritakan riwayat hidup Sdr dengan singkat dan jelas? ———————————————————
——-5. Saya lahir di Padang tanggal 6 Januari 1980. Saya anak keempat dari 5 (lima) orang bersaudara diantaranya 4 (empat) orang laki-laki 1 (satu) orang perempuan, ibu kandung saya bernama SUHARTINI dan Bapak saya bernama yang beralamat di Jalan Parak Gadang No. 23 Kec. Padang Timur.————————————————————————
Pendidkan: SMP ———————————————————————————————–
Pada Tahun 1995 saya tamat SMP 2 Padang ———————————————————-Karena tidak ada biaya saya tidak melanjutkan sekolah ——————————————–
Pekerjaan : ——————————————————————————————————
Setelah berhenti sekolah saya bekerja sebagai TKI Ke Arab Saudi dan 5 (lima) bulan lalu saya bekerja sebagai Ibu rumah tangga sampai sekarang.——————————————-
Keluarga : ——————————————————————————————————–
Saya sudah bekeluarga.—————————————————————————————
6. Kapan dan dimanakah Sdr ditangkap serta bersama siapa Sdr ditangkap, saat ditangkap Sdr sedang mengapa dan siapakah yang melakukan penangkapan terhadap Sdr ?—————————
——-6. Saya ditangkap sendiri pada hari………..tanggal………Agustus 2008 sekitar jam 10.00 WIB di Jalan Parak Gadang No. 23 Kec. Padang Timur dan pada saat ditangkap saya sedang berbaring di tempat tidur. Yang menangkap saya adalah seorang dua orang polisi. Mereka menunjukan sebuah surat dan saya diborgol lalu dibawa ke atas mobil polisi.—–
20. Adakah saksi yang meringankan Sdr dalam perkara yang dipersangkakan kepada Sdr saat ini? —-
——-20. Ada, tetangga saya. ——————————————————————————————-
21. Masih adakah keterangan lain yang perlu Sdr tambahkan atau jelaskan sehubugan perkara ini?—-
——-21. Semua keterangan yang saya berikan diatas sudah cukup dan tidak ada lagi yang akan saya jelaskan atau tambahkan.—————————————————————————–
22. Sudah sebenar-benarnyakah semua keterangan yang Sdr berikan di atas dan dalam hal memberikan keterangan tersebut apakah Sdr merasa dipaksa, mendapat penekanan-penekanan atau anda dipengaruhi oleh orang lain maupun oleh pemeriksa sendiri?———————————–
——22. Semuanya telah saya terangkan dengan sebenar-benarnya tanpa ada rasa paksaan, penekanan-penekanan dan juga tidak ada dipengaruhi oleh orang lain maupun oleh pemeriksa sendiri dan apa yang saya terangkan diatas adalah menurut apa yang saya lihat dan saya lakukan —————————————————————————————-
———- Setelah berita acara pemeriksaan tersangka ini selesai dibuat kemudian dibaca sendiri oleh yang diperiksa (tersangka) dan yang diperiksa menyatakan setuju serta membenarkan kemudian untuk menguatkannya yang diperiksa turut membubuhkan tanda tangannya di bawah ini.———————————–
Yang diperiksa / Tersangka
( EVA MAIDANI)
———- Demikianlah Berita Acara Pemeriksaan tersangkan ini dibuat dengan sebenar-benarnya atas kekuatan sumpah jabatan kemudian ditutup dan ditanda-tangani di Padang pada Hari dan tanggal tersebut diatas.———
Penyidik Pembantu
TANJUNG NASITUHANG
BRIPTU/NRP. 69015993

No comments:

Post a Comment